Gaya Hidup

Sering Tidak Disadari, Kesalahan saat Sahur Ini Bisa Berdampak Buruk Lho

Minggu, 09 Mei 2021 - 02:40
Sering Tidak Disadari, Kesalahan saat Sahur Ini Bisa Berdampak Buruk Lho ILUSTRASI - Makan sahur. (FOTO: iStock)

TIMES BIAK, JAKARTASahur saat puasa tidak boleh dianggap sembarangan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sahur harus menjadi bagian dari makan utama yang sebaiknya mampu memenuhi 30 persen berbagai kebutuhan energi harian. Meski demikian, banyak yang tidak menyadari melakukan kesalahan saat sahur. Salah satunya adalah berlebihan minum air.

Meski air penting untuk mencegah dehidrasi saat puasa, terlalu berlebihan minum air justru bisa berakibat fatal, lho. Sebaiknya jangan minum lebih dari 3-4 gelas saat sahur.

Terlalu banyak minum saat sahur akan menyebabkan volume air mengisi sebagian besar lambung, sehingga nafsu makan sudah turun sebelum kita makan sahur.

Hal ini akan membuat pemenuhan 30 persen energi dalam tubuh dari makan sahur akan sulit terpenuhi dan risiko tubuh merasa lemas akan semakin besar.

Jika ingin memenuhi kebutuhan air dan menghindari haus saat puasa, cara paling jitu adalah dengan mengatur minum saat puasa dengan cara yang tepat mulai berbuka hingga setelah sahur.

Kesalahan saat sahur ini tak hanya berlaku untuk air putih. Sebaiknya batasi juga minum teh atau kopi saat sahur, ya. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Biak just now

Welcome to TIMES Biak

TIMES Biak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.