Berita

Mensos RI Risma Minta Bupati Lumajang Memastikan Warganya Aman Pasca Gempa Malang

Minggu, 11 April 2021 - 11:27
Mensos RI Risma Minta Bupati Lumajang Memastikan Warganya Aman Pasca Gempa Malang Rumah warga di Lumajang roboh akibat gempa magnitudo 6,7. (Foto: Suara)

TIMES BIAK, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos RI) Tri Rismaharini meminta Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan warganya aman setelah gempa Malang dengan magnitudo 6,7 menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu 10 April kemarin.

"Yang penting semua warga aman dulu, sehingga warga harus dievakuasi di satu titik untuk memudahkan dalam pemantauan," ucap Risma saat mendatangi Kantor Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang dikutip dari Antara, Minggu (11/4/2021).

"Sebaiknya memang warga di luar rumah karena rumah mereka di bawah tebing dan tidak memungkinkan untuk ditempati, khawatir nanti akan terjadi gempa susulan," imbuh Mensos.

Menurut Mensos, warga yang tinggal di daerah pegunungan berisiko terdampak tanah longsor jika gempa susulan terjadi. "Untuk saat ini apa yang bisa diselamatkan sebaiknya diselamatkan dan orangnya agar segera mengungsi, pindah di lapangan, dan besok akan segera saya dukung dengan penyediaan prasarana," katanya.

Mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini menginstruksikan pembangunan segera tenda-tenda pengungsian dan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak bencana.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, wilayah Kecamatan Tempursari paling parah terdampak gempa. Jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa tercatat 428 unit di kecamatan itu.

"Kami akan sampaikan ke Bapak Presiden terkait pembangunan (kembali) rumah yang rusak," tandas Mensos RI Tri Rismaharini tentang gempa Malang dengan magnitudo 6,7 tersebut.

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Biak just now

Welcome to TIMES Biak

TIMES Biak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.