Berita

[CEK FAKTA] Gubernur Sulsel NA Keluar dari Gedung KPK RI

Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:17
[CEK FAKTA] Gubernur Sulsel NA Keluar dari Gedung KPK RI Informasi tentang Gubernur Sulsel NA keluar dari gedung KPK tersebar melalui WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia/Background wallpaperbetter.com)

TIMES BIAK, JAKARTA – Informasi tentang Gubernur Sulsel NA keluar dari gedung KPK tersebar melalui media sosial, WhatsApp. Pesan itu tersebar secara berantai dalam WhatsApp Grups, Sabtu (27/2/2021).

Dalam pesan itu, diinformasikan bahwa Gubernur Sulsel NA keluar pada pukul 17.00 WITA.

Berikut isi pesan Gubernur Sulsel NA yang beredar di WhatsApps:

KABAR BAIK...!
Untuk PIMPINAN yg Kami Kagumi...!!!

Pas Pukul 17.00 wita
Gub Sulsel NA" keluar dari Gedung Merah putih kpk" Alhamdulillah tetap Bebas" doa org mukmin di terima" Allahu Akbar

cek-fakta-Gubernur-Sulsel-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi tetang Gubernur Sulsel NA keluar dari gedung KPK merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan pernyataan dari  Plt Juru Bicara KPK RI, Ali Fikri. Ia mengatakan saat ini pihak KPK dalam proses pemeriksaan kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT).

cek fakta Gubernur Sulsel 3Sumber: Selain Nurdin Abdullah, KPK RI Juga Tangkap Lima Orang Lain | TIMES Indonesia

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangan tertulisnya kepada awak media Sabtu (27/2/2021).

"Hari Jumat tengah malam KPK RI melakukan giat tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja, belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa. Nanti pada saatnya, kami pasti menyampaikan kepada publik," ujarnya soal OTT Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. 

cek fakta Gubernur Sulsel 4Sumber: Setelah Lantik 11 Kepala Daerah, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Di-OTT KPK | TIMES Indonesia

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga melakukan penelusuran lebih lanjut. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan masih melakukan pemeriksaan insentif terhadap Gubernur Sulawesi Selatan M. Nurdin Abdullah. Sebab, beredar informasi jika KPK bakal membebaskan Nurdin.

"Kami saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang tertangkap tangan. Di antaranya kepala daerah tersebut," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis pada Sabtu, 27 Februari 2021.

cek fakta Gubernur Sulsel 5Sumber: KPK Tampik Isu Akan Bebaskan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah | Tempo

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai imbauan Gubernur Sulsel NA, merupakan informasi yang salah. Informasi itu tidak mencantumkan sumber resmi.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi terkait Gubernur Sulsel NA termasuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Biak just now

Welcome to TIMES Biak

TIMES Biak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.